Mengenal Lebih dalam Tentang Freight Forwarder

Freight forwarder adalah ekspedisi muatan. Jika didefinisikan lebih lanjut, freight forwarder adalah bidang suatu perusahaan yang menjalankan segala aktivitas yang berbau freight forwarding. Intinya mengacu pada representasi atau perwakilan dari kegiatan ekspor, impor, consignee dan shipping untuk segala jenis pengiriman barang, baik berupa pengangkutan, pengiriman yang bertujuan supaya ongkos yang dikeluarkan menjadi lebih efisien. 

Lantas, bagaimanakah seluk beluk dari freight forwarder? Artikel ini akan mencoba untuk menjelaskan semuanya.

Jasa yang Ditawarkan  Freight Forwarder

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai freight forwarder, maka harus berbicara mengenai apa saja jasa yang mereka tawarkan. Dilansir dari beberapa sumber, jasa freight forwarder meliputi jasa pengepakan barang, asuransi pengiriman, pengurusan dokumen hingga pada konsultasi dan pengurusan kepabeanan. Semua jasa ini berkaitan dengan freight forwarder atau ekspedisi muatan. 

Tipe Pengiriman Barang 

Pengiriman barang yang dilakukan oleh freight  forwarder meliputi dua hal, yakni FCL atau full container loaded dan LCL atau less container loaded. 

FCL adalah pengiriman barang yang dilakukan secara penuh dalam suatu kontainer secara khusus. Sedangkan LCL adalah pengiriman barang dimana kapasitas jumlah di dalamnya di bawah standar muatan kapasitas kontainer. Sehingga barang ini akan dihitung secara kubikasi, yang dikumpulkan dengan beberapa barang lainnya, sehingga kontainer akan ditunggu sampai terisi secara penuh, baru kemudian dikirimkan. 

Berdasarkan Tempat Kontainernya

Salah satu fakta mengenai freight container dapat dilihat berdasarkan tempat kontainernya. Ada beberapa kontainer yang digunakan oleh ekspedisi muatan, beberapa di antaranya adalah: 

  1. Dry container

Dry container adalah kontainer kering yang mengirimkan barang-barang umum yang dianggap tidak berbahaya, yang bukan berbentuk gas maupun bentuk cair.  

  1. Reefer container

Kontainer ini adalah kontainer yang memiliki pengatur suhu di dalamnya, yang biasanya digunakan untuk mengirim makanan atau minuman segar. 

  1. Open top container

Kontainer open top adalah kontainer yang memiliki bagian atasnya yang terbuka, yang digunakan untuk pengiriman barang dengan tinggi yang melebihi standar dry container. 

  1. Flat rack container

Flat rack container adalah container yang terbuka pada seluruh bagian-bagiannya. Biasanya kontainer ini digunakan dengan barang yang lebar dan melebihi standar dry container. 

Cakupan jasa dari Freight forwarder

Ada beberapa cakupan jasa yang dilakukan oleh freight forwarder, beberapa di antaranya adalah seperti:

  • Pengepakan atau yang disebut juga dengan packing
  • Dokumentasi ekspor dan impor di kancah internasional
  • Berbagai jasa perizinan kepabeanan dengan ketentuan bea cuka dari masing-masing negara yang bersangkutan
  • Manajemen persediaan
  • Penyimpanan di gudang miliknya
  • Koordinasi pembelian dan pengiriman barang.

Manfaat dari Freight Forwarder

Ada banyak sekali manfaat yang ditawarkan oleh freight forwarder, secara umum ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan. Beberapa di antaranya adalah: 

  • Pengiriman menjadi lebih mudah dengan jangka waktu yang lebih cepat
  • Harga layanan bisa dipilih dan pengiriman barang dianggap tidak bertele-tele. 

Tugas Freight Forwarder

Ada beberapa tugas dari freight forwarder yang dilakukan di dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa di antaranya adalah: 

  1. Memilih rute dan moda pengiriman

Memilih rute menjadi bagian yang tak terpisahkan dari freight forwarder. Gunanya adalah agar waktu pengiriman menjadi lebih singkat dari biasanya, selain itu tugas dari freight forwarder adalah agar dapat memilih moda transportasi yang akan dipergunakan untuk pengiriman serta memesan muat barang baik itu dalam bentuk full container loaded maupun dalam bentuk LCL atau less container loaded. 

  1. Pengurusan dan penerbitan dokumen

Mengurus pengiriman barang serta dokumen yang diperlukan adalah salah satu tujuan dari ekspedisi muatan atau freight forwarder. Mereka harus memahami LoC atau letter of credit yang berisi tentang perdagangan internasional, peraturan yang berlaku di negara impor – melakukan transit- tujuan dari dilakukannya ekspor- hingga pada izin bea cukai. 

  1. Penerimaan barang

Penerimaan barang juga masuk ke dalam tugas freight forwarder. Hal yang mereka lakukan adalah dengan menerima barang dari customer, melakukan packaging dan sortasi. Setelah barang dirasa sudah dikemas dengan rapi dan keamanannya terjamin, maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan penimbangan berat dan mengatur dimensi barang. 

Tugas freight forwarder tidak sampai disitu saja. Mereka juga bertugas untuk ,menyimpan barang yang telah rapi dan diukur di dalam suatu gudang. 

  1. Melakukan tugas-tugas lainnya

Ada banyak lagi tugas-tugas lain dari freight forwarder atau ekspedisi muatan, beberapa di antaranya seperti: 

  • Menerima barang impor dari pengangkut
  • Menyerahkan barang ke consignee serta melakukan pendistribusian yang sesuai dengan permintaan consignee
  • Melakukan pengurusan bea cukai yang masuk, serta anggaran yang tertagih dari pelabuhan transit serta tujuan
  • Mengurus dan mengaukan klaim kepada pihak asuransi, apabila terjadi kehilangan atau kerusakan pada barang
  • Menerima dan menghitung air waybill dan bill of lading dari transport pengangkut barang

Keunggulan dengan menggunakan Freight Forwarder

Jika Anda menggunakan ekspedisi muatan atau freight forwarder sebagai pilihan, maka ada beberapa keunggulan bila menggunakan layanan ini, beberapa di antaranya adalah: 

  • Mendapat kemudahan, karena kegiatan pengiriman barang dapat dilakukan tanpa hambatan apapun
  • Lebih efisien, karena waktu menjadi lebih hemat hanya dengan menggunakan freight forwarder. 
  • Cepat sampai tujuan: artinya bahwa pengiriman yang dilakukan oleh freight forwarder lebih cepat dibanding dikirim oleh Anda sendiri.tapi perlu diingat bahwa semakin jauh tempatnya, maka semakin besar ongkos kirim yang harus dikeluarkan. 
  • Mampu mengirim barang dengan jumlah dan jenis yang dibutuhkan: hebatnya Anda bisa mengirimkan barang sesuai dengan kebutuhan yang ingin Anda dapatkan. Ada banyak sekali pilihan yang dapat ditawarkan, beberapa diantaranya seperti mengirim makanan, material, besi dan baja dan lain sebagainya.

Kesimpulan 

Freight forwarder dianggap sebagai salah satu alternatif bagi Anda yang ingin mengirimkan barang, dengan beragam jenisnya membuat Anda bisa mencari tahu apa saja ekspedisi muatan yang cocok untuk mengirim barang yang Anda miliki atau produksi, sehingga jasa dari freight forwarder memiliki peran yang cukup penting di dalamnya. 

Keunggulan dari freight forwarder tidak main-main, karena Anda akan dapat mengirimkan barang menjadi lebih cepat dan lebih efisien. 

Demikian artikel secara lebih dalam mengenai freight forwarder, semoga Anda sudah mendapatkan pengertahuan yang cukup mengenai ekspedisi muatan atau yang disebut dengan freight forwarder. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.