Pengertian Courier Service dan Istilah Penting yang Ada di Dalamnya

Seiring berkembangnya dunia e-commerce, jasa kurir atau courier service semakin tidak asing di telinga masyarakat. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah yang dimaksud dengan courier service? 

Jasa kurir atau yang disebut dengan courier service adalah layanan pengiriman barang yang dikirimkan secara langsung, dimana yang membedakannya dengan jasa pengiriman biasa adalah bahwa jasa kurir dianggap lebih mudah, cepat dan tentunya lebih aman. 

Bila Anda ingin mengetahui lebih dalam tentang jasa kurir, berikut akan dibahas secara lebih mendalam. 

Pengertian Kurir Menurut Para Ahli

Ada banyak pendapat para ahli seputar pengertian dari jasa kurir. Beberapa tokoh yang dimaksud adalah Tabassum dan Ahmed (2014). Menurutnya, seorang kurir adalah individu yang mengantarkan pesan, mail atau bingkisan. Lebih lanjut lagi disebutkan bahwa cakupan dari jasa kurir telah meliputi layanan dalam suatu kota, regional, negara hingga pada kancah global atau internasional. 

Cakupan jasa kurir dapat dilihat berdasarkan dua kategori, beberapa di antaranya seperti modal courier service dan other courier service. Mari dibahas satu per satu.

  1. Modal courier service

Layanan ini adalah layanan yang melibatkan transportasi dan layanan pengantaran barang. Tujuannya bisa dalam dan luar negeri, bentuknya bisa parcel atau bingkisan yang dibawakan oleh kurir dalam 1 atau lebih transport. 

  1. Other Courier Service

Pengertian dari istilah ini adalah layanan pengiriman barang yang menggunakan truk atau layanan transfer tanpa adanya pergudangan.

Sistem Jasa Kurir (Courier Service)

Berkembangnya online shop menyebabkan kurir semakin banyak diminati. Tidak hanya sampai pada jasa pengiriman saja, namun juga sampai di tahap jasa yang lebih cepat. Contohnya adalah pengiriman food and beverage. Layanan kurir juga berkembang lantaran teknologi jasa kurir yang semakin meningkat. Sebut saja sistem multidrop, e-wallet, sistem tracking dan lain sebagainya. 

Sistem multidrop memungkinkan seseorang dapat mengirimkan suatu barang ke beberapa daerah tujuan dalam satu pengiriman, e-wallet yang bisa melakukan pembayaran tanpa perlu ribet mentransfer atau bayar langsung dengan menggunakan cash atau uang tunai, dan sistem tracking yang memungkinkan seseorang memantau jasa kurir yang mereka pakai saat mengirimkan barang. 

Beberapa Istilah Penting dalam Courier Service

Ada beberapa istilah penting yang ada di dalam courier service,beberapa di antaranya seperti 3PL (3rd party logistic), service quality, logistic dan service quality, 

  1. 3PL (3rd Party Logistic)

Istilah 3PL adalah istilah yang mengacu pada pengantaran barang dalam skala yang lebih besar. 

Dilansir dari  Adebambo, Omolola, & Victor pada tahun 2016 menyatakan bahwa 3PL atau third party logistic merupakan pihak ketiga (berasal dari eksternal perusahaan) yang dilibatkan oleh perusahaan untuk melakukan proses pengiriman barang. Pihak ketiga ini nantinya akan mendapatkan sebuah peran untuk pengiriman logistik pada tujuan-tujuan tertentu. 

Pertimbangan penggunaan pihak ketiga menurut Adebambo, Omolola, & Victor pada tahun 2016 juga mengatakan bahwa penggunaan pihak ketiga dalam urusan pengiriman logistik dinilai mumpuni dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada para masyarakat, mengurangi biaya supply chain di skala yang ekonomis, mampu mengurangi permintaan modal, serta dinilai mampu meningkatkan jiwa kompetitif dan profitabilitas perusahaan itu sendiri. 

Pendapat dari Adebambo, Omolola, & Victor pada tahun 2016 ini didukung oleh Ballou pada tahun 2004. Menurutnya, logistik berusaha untuk membangun keterkaitan antara produksi dan konsumsi, sehingga urusan logistik dianggap banyak melibatkan alokasi biaya.  Saat perusahaan melibatkan pihak ketiga untuk mengurusi urusan logistik, ternyata perusahaan dinilai mampu dalam menambah profitabilitas karena dapat menekan biaya logistik yang ada dalam suatu perusahaan. 

  1. Service Quality

Pengertian kualitas pelayanan atau service quality diartikan bahwa istilah ini tidak hanya mengacu pada susunan kata, tetapi lebih kepada apakah layanan yang diterima sesuai dengan yang diharapkan, melebihi atau gagal dalam memenuhi ekspektasi konsumen. 

Kualitas layanan ditentukan oleh penilaian pelanggan. Artinya apabila kualitas layanan dianggap buruk saat atau belum memenuhi harapan pelanggan, maka ini diartikan bahwa layanan yang diberikan belum mencapai kualitas yang memuaskan.

Dilansir dari Najaf Zadeh & Shiri pada tahun 2015 menjelaskan bahwa kualitas layanan ini bersifat subjektif. Artinya bahwa sebuah penilaian akan berbeda dalam menilai suatu layanan. 

Kualitas layanan ini ternyata berbarengan dengan harapan pelanggan dan realisasi layanan yang dirasakan oleh konsumen atau pelanggan. Ternyata sebelum membeli sesuatu, para pelanggan ternyata memiliki harapan tertentu atas layanan yang akan diterimanya, sehingga ia bersedia untuk membayar layanan yang ia beli. 

Layanan yang memiliki kualitas terbaik adalah layanan yang mampu memberikan konsistensi kepada para pelanggannya. Artinya bahwa layanan ini hendaklah tidak berubah-ubah perbandingan dengan harapan pelanggan. Apabila suatu pengantaran barang baik dan ternyata di suatu waktu memberikan pelayanan yang buruk, maka layanan ini bisa dibilang telah gagal atau menjadi tidak berkualitas di mata para pelanggan. 

  1. Logistic Service Quality (LSQ)

Di dalam industri jasa kurir, kualitas LSQ mengacu pada adanya pengukuran terhadap layanan distribusi fisik dan layanan pelanggan. Tinggi rendahnya LSQ dapat dilihat dari kualitas pendistribusian barang kepada pelanggan yang didukung oleh kualitas layanan kepada para pelanggan. 

Ada beberapa macam fitur penting di dalam logistic service quality atau LSQ. Beberapa di antaranya adalah: 

  • Information quality
  • Ordering procedure
  • Ordering release quantities
  • timeliness
  • Order accuracy
  • Order quality
  • Order condition
  • Order discrepancy handling
  • Personnel contant quality

Pada hakikatnya, LSQ akan membutuhkan penilaian distribusi fisik terhadap layanan pelanggan.

Kesimpulan

Pada dasarnya jasa kurir adalah layanan pengiriman barang yang dikirimkan secara langsung, dimana yang membedakannya dengan jasa pengiriman biasa adalah bahwa jasa kurir dianggap lebih mudah, lebih cepat dan tentunya dianggap lebih aman.

Ada tiga komponen penting yang ada dalam sistem jasa kurir beberapa di antaranya seperti 3PL atau third party logistic, service quality dan logistic service quality. 

3PL adalah pihak ketiga (berasal dari eksternal perusahaan) yang dilibatkan oleh perusahaan untuk melakukan proses pengiriman barang, service quality diartikan apakah layanan yang diterima sesuai dengan yang diharapkan, melebihi atau gagal dalam memenuhi ekspektasi konsumen, dan LSQ atau logistic service quality yang mengacu pada adanya pengukuran terhadap layanan distribusi fisik dan layanan pelanggan. 

Demikian artikel tentang pengertian dari courier service. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published.